TANTANGAN DAN UPAYA PENINGKATAN PENGEMBANGAN POTENSI NAGARI

).     Tantangan

Berdasarkan data Profil Tujuah  Koto Talago yang diuraikan di atas dapat diketahui betapa besarnya potensi  yang dimiliki oleh  nagari ini dan peluang anak nagari Tujuah Koto Talago untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Pengembangan potensi lahan dan air, dan meningkatkan pembangunan prasarana fisik yang dapat dilakukan  untuk mencapai  kemajuan nagari dalam mensejahterakan masyarakatnya kedepan antara lain yaitu:

1).   Mengupayakan    pendirian pabrik pengolah biji coklat menjadi bubuk  coklat.

2).     Melanjutkan  karajo   tabangkalai  Bupati      dr.Alis Marajo yaitu pembuatan jembatan yang menghubungkan Padang Japang dan Padang Kandi yang telah dirintisnya tahun 2004  untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

3).  Membangun jalan tani   untuk   kelancaran transportasi hasil produksi perkebunan dan pertanian di Sipingai, Padang Japang dan Koto Kociak.

4).  Mengusahakan  pengadaan   ternak sapi dan kambing  sebagai penghasil kotoran yang dapat dijadikan bahan baku pembuatan pupuk organik.

5).     Melanjutkan pembasmian hama tupai.

6).   Merintis pengolahan pembuatan air mineral dari sumber mata air .

7).     Menjajaki pembuatan pilot project pengembangan penanaman padi organik.

8).   Mengusahakan     bantuan   pemerintah untuk pembangunan Kantor Wali Nagari. Karena negeri ini telah berjasa besar dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI. Sudah sewajarnya pemerintah membantu pembangunan Kantor Wali Nagari karena kantor wali tersebut dibakar Belanda.

 

2).  Upaya

Permasalahan dalam pengembangan potensi nagari Tujuah Koto Talago adalah terbatasnya kualitas dan kuantitas sumber daya manusia di Tujuah Koto Talago,  terbatasnya sumber dana dan peningkatan etos kerja masyarakat.

Dalam rangka mengatasi permasalahan sumber dana  dapat dilakukan berbagai upaya antara lain:

1).  Meningkatkan    jalinan silaturahmi antara warga di kampuang dan perantau. Setiap jorong diusahakan membuat data base warga perantaunya yang sangat berguna dalam menjalin  hubungan silaturahmi.

2).  Diupayakan sekuat mungkin pada  PEMILU 2014 ada wakil rakyat dari Tujuah Koto Talago minimal dua orang, yang duduk di DPRD Kabupaten 50 Kota. Wakil rakyat dari Tujuah Koto Talago yang duduk di DPRD akan memberikan kontribusi bagi pengembangan potensi Nagari VII Koto Talago. Seperti diketahui pada Pemilu 2009 dari 14 orang yang mencalonkan diri sebagai wakil rakyat tidak satupun yang terpilih.  Jadi dalam PEMILU 2014 hal ini mudah-mudahan tidak  terulang lagi.

3).  Upaya pengembangan potensi nagari dapat pula dilakukan dengan mencari investor baik warga dan perantau Tujuah Koto Talago maupun investor lainnya.

6).  Peningkatan     kualitas  sumber daya manusia khususnya dalam bidang pertanian  dapat dilakukan dengan cara  pengiriman anggota kelompok tani  ke tempat pelatihan-pelatihan yang dilakukan pemerintah dan melakukan peninjauan lapangan ke daerah pertanian yang lebih baik dari daerah Kabupaten 50 Kota.

This entry was posted in Sejarah 7 Koto. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s